10 Manfaat Sosial Media guna Bisnis

 

franchise cafe terlaris – Sosial media kini telah mempunyai peran urgen dalam strategi pemasaran untuk bisnis kecil maupun besar.

Kini berbagi informasi untuk pengunjung atau follower bukan satu-satunya keuntungan memakai sosial media untuk sebuah bisnis.

Banyak UKM di semua dunia sudah menemukan teknik bagaimana sosial media dapat menyerahkan kontribusi kesuksesan dan pertumbuhan pada segala aspek.

Bertambahnya jenis sosial media yang semakin bervariasi, mulai dari sosial media personal, blog, biro jodoh bahkan eCommerce pun turut menyokong berkembangnya perjalanan bisnis tersebut.

Berikut ialah 10 deviden sosial media untuk bisnis:

1. Merupakan Cara yang Mudah guna Mencari Tahu Lebih Banyak Mengenai Pelanggan Anda
Salah satu kunci sukses untuk seluruh bisnis dengan mengenal pelanggannya lebih dekat. Sosial media menciptakan proses pengenalan ini menjadi lebih mudah dikomparasikan dengan sebelumnya.

Dengan perangkat penyokong yang ada, kini dapat Anda dapat mengetahui dengan terperinci tentang siapa saja konsumen Anda, bahasa yang mereka gunakan, rentang usia, bahkan jenis kelamin dari sosial media.

Informasi ini dapat menolong proses branding dan promosi untuk target konsumen yang tepat.

Manfaatkan pun trend umur pemakai pada setiap sosial media, sebagai acuan kita dalam memilih chanel promosi.

Dengan target konsumen yang tepat diinginkan memberikan deviden lebih dari investasi yang sudah Anda lakukan.

2. Membantu Pencarian Target Konsumen Lebih Efektif
Geo-targetting merupakan tahapan yang efektif bila Anda hendak mengirimkan pesan untuk target konsumen secara spesifik menurut tempat mereka.

Sosial media laksana Facebook dan Twitter mempunyai perangkat penyokong yang menolong Anda guna menyajikan informasi yang sesuai untuk konsumen.

Contohnya bila kamu mempunyai bisnis perjalanan wisata dan hendak melakukan promosi melewati instagram, postingan potret Anda dapat dilengkapi dengan fitur location atau #hashtag.

Manfaatkan fitur location Instagram untuk menjual bisnis kita dengan lebih tertarget. Dengan demikian, audiens yang hendak mengunjungi tempat wisata tersebut dapat tertarik dan memiliki bisa jadi untuk menjadi konsumen.

3. Membantu Menemukan Konsumen Baru dan Memperluas Target Pasar
Sosial media laksana Instagram menolong bisnis kecil untuk mengejar konsumen dan menggali konsumen yang potensial.

Jika Anda hendak mencari konsumen dengan tempat yang berdampingan dengan Anda, penelusuran menurut tempat terdekat dapat dilakukan dengan Instagram.

Selanjutnya kita akan mengejar calon konsumen yang dapat dihubungi berkaitan dengan promosi bisnis Anda.

Anda dapat menggunakan fitur location supaya mudah ditemukan calon konsumen yang dekat dengan tempat bisnis Anda.

Lalu untuk menggali konsumen, laksana sebelumnya Anda dapat memanfaatkan #hashtags yang berhubungan dengan bisnis anda, kemudian pakai untuk mengejar calon konsumen yang sesuai.

Follow/like/comment artikel mereka supaya mereka dapat tahu tentang produk/brand Anda.

Dimana juga Anda berada, baik dalam maupun luar negeri, sekitar Anda dan calon konsumen memanfaatkan sosial media yang sama, maka kedua pihak bisa tetap bertemu dan mengerjakan transaksi.

4. Memudahkan dalam Memberikan Feedback Secara Langsung
Sosial media guna bisnis menyerahkan Anda akses untuk feedback positif maupun negatif dari konsumen, yang adalahinformasi berharga dari sudut pandang konsumen.

Sebagai contoh, andai Anda mengenalkan produk baru dan di bagikan melewati sosial media, maka secara instan Anda dapat langsung memahami pendapat konsumen.

Cara beda untuk memahami perspektif konsumen ialah dengan mempelajari bagaimana teknik mereka memakai produk Anda.

Dengan adanya Fanpage pada Facebook misalnya, konsumen dapat langsung menyerahkan saran/kritik/pertanyaan pada kolom komentar atau mengirim pesan tentang produk/layanan Anda.

Dengan begini respon konsumen terhadap aspek apapun pada bisnis Anda dapat terlihat dengan jelas. Hasilnya dapat Anda pakai untuk mengerjakan improvisasi terhadap kualitas bisnis Anda.

5. Mengembangkan Target Pasar dan Selangkah Lebih Maju dari Kompetitor
Dengan sosial media Anda dapat mendapatkan informasi urgen dari kompetitor, yang lantas dapat menambah strategi pemasaran Anda.

Dengan teknik ini, Anda dapat menganalisa kiat apa saja yang dipakai oleh kompetitor dan mengerjakan hal yang lebih baik dari yang mereka lakukan.

Selain tersebut Anda juga dapat menggunakan sosial media untuk kiat pemasaran yang tidak banyak nakal, yaitu guna melihat keunggulan & kelemahan kompetitor.

Caranya, cari kompetitor atau pendahulu di industri bisnis Anda, lalu simaklah teknik apa saja yang mereka gunakan.

Anda juga dapat melihat siapa saja follower kompetitor Anda, simaklah apa yang mereka posting dan apa yang mereka sukai.

Dengan demikian Anda dapat memulai guna mengembangkan konten yang relevan dengan target audiens kita dan menemukan klien dengan media sosial.

6. Membantu Meningkatkan Pengunjung Website dan Ranking Search Engine
Salah satu deviden terbesar dari sosial media untuk bisnis ialah meningkatkan jumlah pengunjung website. Namun tidak melulu kunjungan yang dapat Anda dapatkan.

Apabila informasi yang mereka temukan pada situs Anda bermanfaat, mereka akan mengerjakan ‘share’ di sosial media.

Ini merupakan misal campaign dari Airbnb yang dishare melewati Twitter, menemukan 32 retweet dan 104 likes. Jika diacuhkan pada akhir tweet ada URL ke situs Airbnb.

Salah satu hal penentu kekuatan SEO suatu website ialah backlink berbobot | berbobot | berkualitas dan traffic, dan dengan sosial media Anda dapat mendapatkan kedua urusan ini sekaligus.

Backlink berkualitas ialah ketika link yang mengarah ke ke situs Anda berasal dari situs dengan kualitas yang baik.

Sosial media pada umumnya termasuk sebagai situs dengan kualitas yang sangat-sangat baik, urusan ini pasti memberi efek positif untuk aspek SEO situs Anda.

Sama halnya dengan traffic. Jika konten yang kita share di sosial media dinilai unik oleh pemakai, maka Anda bakal mendapatkan tidak sedikit traffic dari situs yang berbobot | berbobot | berkualitas pula. Inilah efek positif tidak langsung dari sosial media terhadap SEO.

7. Bagikan Informasi Lebih Cepat dengan Sosial Media
Sebelumnya proses pemasaran mengalami tantangan untuk menyajikan informasi untuk konsumen dalam masa-masa yang singkat.

Kini dengan adanya sosial media, paparan informasi untuk konsumen menjadi lebih gampang dan cepat.

Saat Anda memakai sosial media guna bisnis, terutama untuk menyalurkan informasi tentang bisnis Anda, lumayan klik tombol ‘share’ pada masing-masing sosial media yang digunakan.

Ingat, pastikan bahwa informasi yang kita bagikan cocok dengan minat target konsumen Anda.

Search engine memerlukan waktu berjam-jam bahkan hari atau minggu supaya konten yang baru kita posting dapat muncul di halaman pencarian. Tidak laksana sosial media yang dapat menampilkan dengan real time.

Apapun yang kita posting di sosial media maka bakal langsung hadir di timeline follower Anda, sehingga dapat langsung menghasilkan traffic ke situs bahkan penjualan.

Hal ini tentunya bakal efektif andai akun sosial media kita mempunyai follower yang lumayan banyak. Kalaupun tidak, kita mungkin dapat mempertimbangkan memakai jasa influencer.

8. Membantu Konsumen Menjangkau Bisnis Anda
Sosial media dapat menjangkau siapapun yang menggunakannya, terlepas apakah tersebut calon konsumen ataupun bisnis beda yang pun membutuhkan jasa atau produk bisnis Anda.

Mereka bisa memanfaatkan sosial media dalam mengerjakan pencarian produk atau jasa yang mereka butuhkan.

Kini pemakai smartphone semakin bertambah bersamaan pun dengan akses ke sosial media, alasannya simpel yakni sebab lebih praktis.

Begitu pula dengan penelusuran produk atau brand, sekarang konsumen selalu berjuang mencari informasi suatu brand di sosial media.

Hal ini seringkali dilakukan sebelum menyimpulkan untuk melakukan pembelian atau memakai suatu produk.

Konsumen mengerjakan hal ini untuk menggali tahu reputasi brand kita di sosial media, laksana berapa tidak sedikit follower, laksana apa komentar konsumen lain, informasi produk teranyar dan urusan lainnya.

Di samping untuk menyaksikan reputasi, konsumen pun menggunakan sosial media guna mengukur seberapa terpercayanya brand Anda.

Oleh karena tersebut sosial media penting, sebab berada di di antara tahap yang menyokong keputusan pembelian konsumen.

9. Lebih Dekat dengan Konsumen Melalui Sosial Media
Sosial media adalahsarana yang cocok untuk membuat hubungan dengan konsumen Anda. Contohnya, sosial media menolong bisnis agen perjalanan wisata guna berkomunikasi dengan wisatawan.

Hubungan dengan konsumen di bina sebelum, pada saat, dan sesudah konsumen memakai jasa mereka.

‘Sebelum’ ialah pada ketika calon wisatawan mengerjakan riset mengenai tempat wisata/jasa di sosial media.

‘Pada saat’ ialah ketika wisatawan berada di tempat wisata dan ‘setelah’ ialah ketika wisatawan berlalu berwisata dan memosting konten mereka pada ketika liburan.

Komunikasi semacam ini paling memungkinkan dilaksanakan melalui sosial media ketika ini dikomparasikan hanya melewati pemasaran konvensional.

10. Meningkatkan Brand Awareness dan Promosi dengan Biaya yang Minim
Terakhir, sosial media menolong bisnis kita untuk menambah brand awareness dengan ongkos yang dapat dibilang nyaris tidak ada. Biaya yang sangat dibutuhkan untuk urusan ini ialah waktu.

Pasalnya membina brand dengan sosial media paling tidak memerlukan tenaga, proses dan masa-masa yang tidak singkat.

Meskipun tanpa biaya, yang dimaksud disini ialah ketika kita benar-benar mengerjakan promosi di sosial media tanpa memakai iklan.

Hal ini paling mungkin dilaksanakan dan hasilnya dapat jauh lebih baik daripada mengandalkan iklan.

Harus diingat, Anda memerlukan konten yang unik dan berkualitas. Artinya andai Anda memposting foto, kita membutuhkan potret dengan kualitas baik untuk dapat menarik perhatian calon konsumen.

Hasil Studi Sosial Media dan Bisnis
Berdasarkan keterangan dari studi di ExpertMarket tidak sedikit bisnis yang tidak memahami apa yang mesti dipost di sosial media.

Sementara 71% konsumen menuliskan mengikuti sosial media guna info promosi/diskon dan 66% lainnya menyatakan untuk menemukan udpate produk terbaru.

Sementara nyaris setengah dari konsumen terhubung dengan sosial media brand guna berkomunikasi dengan customer service.

Sedangkan online review dari konsumen masih memegang peran urgen dalam penjualan.

Dengan 61% konsumen yang menyatakan bahwa review atau testimonial disebuah situs sangat memprovokasi keputusan melakukan pembelian barang mereka.

Konsumen kita berkomunikasi secara online, sosial media ialah tempat dimana Anda dapat bertemu dan mendengarkan keperluan mereka.

Meskipun promosi bisnis melewati sosial media memerlukan waktu dan proses yang tidak dapat dibilang cepat dan mudah, namun jika dilaksanakan dengan tepat hasil yang didapat paling sesuai

 

 

Leave a Comment