Aplikasi  Akuntansi vs Excel

Aplikasi  Akuntansi vs Excel

Membuat Laporan Keuangan dengan MS. Excel

Coba anda tinggalkan dulu kitab catatan keuangan. Sekarang kita kupas ke point selanjutnya yakni Excel. Apa yang pernah sahabat kerjakan dengan Excel? Berikut ini cerminan yang sangat sering terjadi:

  1. Manual Entry / Input secara manual
  2. Beresiko mengerjakan salah ketik dan terhapusnya data
  3. Data diragukan keakuratannya
  4. Sulit untuk dipakai secara bersamaan
  5. Sukarnya merekonsiliasi bank sebab harus mengeliminasi nilai yang tidak sesuai lalu menciptakan jurnal penyesuaian yang diperlukan.
  6. Menghitung revaluasi valas secara manual
  7. Menghitung penyempitan harta tetap secara manual
  8. Membuat jurnal eksklusif yang menimbulkan kitab besar pembantu
  9. Memposting lagi jurnal ke kitab besar dan tentunya sangat tidak sedikit jurnal yang mesti diposting satu per satu.
  10. Membuat Neraca Lajur untuk menulis jurnal penyesuaian
  11. Mencatat jurnal pembalik saat tutup kitab dilakukan
  12. Membuat formula dan menghitung manual rasio kinerja keuangan.

Membuat Laporan Keuangan dengan aplikasi akuntansi excel 

Betapa membingungkannya andai semua tahapan tersebut mesti dilaksanakan dengan cara-cara manual pun tentunya paling berisiko terhadap keakuratan dari nilai, belum lagi dari deadline. Namun bakal menjadi beda ceritanya bilamana transaksi yang terjadi masih paling sederhana alias tidak terlampau kompleks.

Dan berikut penyebab kenapa pada zaman yang serba canggih seperti kini ini semua pelaku usaha tidak sedikit yang telah mulai meninggalkan cara-cara konvensional dan ingin mengerjakan investasi pada sistem akuntansi yang serba terkomputerisasi sebab manfaatnya yang luar biasa. Ini bukanlah sebuah asumsi, bahkan pun bukan pula sebuah spekulasi. Dalam mendapat  kecepatan dan ketepatan menciptakan laporan finansial sudah tidak terdapat lagi kata kompromi. Kecepatan dan ketepatan dalam menciptakan laporan finansial dengan pertolongan dari aplikasi akuntansi telah harus dapat diwujudkan. Dari peristiwa di atas, dapat anda simpulkan bahwa untuk menciptakan laporan finansial seperti laba rugi, neraca, dan cash flow mesti didukung dengan adanya pertolongan dari perlengkapan yang serba terintegrasi oleh sistem.

Berikut ini ialah beberapa tahapan mudah andai menggunakan aplikasi accounting dan yang membedakannya dengan rumus-rumus excel manual:

  1. Kemampuan Dalam Membuat Data Keuangan dan Isi Data Pendukung. Ini adalahlangkah mula yang mesti dilaksanakan seorang pebisnis, yakni dengan menciptakan database finansial yang nantinya akan dipakai untuk menginput data-data pendukungnya, dan saldo tadinya (jika memang ada).
  2. Mengumpulkan nota transaksi. Memilah nota transaksi dan menginput data transaksinya langsung ke dalam form yang telah disediakan sistem, contohnya menginput pembelian, penjualan, biaya, dan beda sebagainya.
  3. Jurnal Bisa Otomatis Terbentuk. Sekali input transaksi, maka system bakal langsung menerbitkan informasi pengendalian mengenai hutang-piutang, nilai HPP, stok, menyusun penyusutan harta tetap dan revaluasi valas sesudah tutup kitab akhir bulan, dan beda sebagainya dalam suatu susunan untuk semakin memudahkan user dalam pemantaunya.
  4. Buku Besar Terbentuk. Sekali input transaksi, maka sistem bakal langsung memposting jurnal ke dalam kitab besarnya tanpa mesti kita bersusah payah untuk menggali mutasinya dan diposting ke dalam kitab besar dan kitab besar pembantunya.
  5. Laporan Keuangan Cepat Terbentuk. Hanya dengan sekali klik, maka laporan finansial seperti Laporan Laba Rugi, Neraca, Cash Flow (Arus Kas), dan pun Neraca Saldo bakal secara otomatis terbentuk.
  6. Grafik Analisis Bisnis. Ini adalahfitur yang sangat diperlukan oleh semua pebisnis. Cukup dengan menyaksikan grafik dari analisis rasio, laporan keuangan, dan Break Event Point, maka dari sinilah keputusan bisnis akan dapat dengan gampang ditetapkan.

Aplikasi  akuntansi dan Excel sebetulnya sama-sama baik dan memiliki kegunaannya masing-masing yang unik. Semakin kompleks kegiatan transaksi, maka bakal semakin tinggi pula keperluan kita terhadap aplikasi akuntansi. Dengan memakai aplikasi  akuntansi, bakal ada nilai guna yang lebih akan dapat kita dapatkan laksana ini:

  1. Tidak butuh lagi mesti menilik dan menciptakan rumus-rumus excel yang rumit sebab rumus telah ada dalam program yang dimaksudkan.
  2. Langsung input data penyokong dan transaksi pada form yang telah disediakan.
  3. Satu tahapan saja, maka selanjutnya sistem yang bakal memproses secara otomatis dalam hitungan detik.
  4. Bekerja menjadi jauh lebih cepat dan semakin mudah.
  5. Laporan finansial siap sedia dan langsung jadi.
  6. Keputusan bisnis dapat langsung cepat ditetapkan.

Leave a Comment